SMP Negeri 1 Kokap

SMP 1 Kokap terletak di Dusun Tejogan, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, DIY. Sekolah ini merupakan satu dari sekian banyak sekolah yang berposisi di area pegunungan. Dilihat dari segi ekonominya, mayoritas orang tua/Wali Murid siswa termasuk dalam golongan menengah ke bawah yang pekerjaan utamanya adalah “penderes” dan buruh. Sehingga tidak heran jika setelah SMP, ada yang tidak bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Mereka ada yang mencari pekerjaan untuk membantu ekonomi keluarga dan bahkan ada juga yang langsung dinikahkan tanpa memandang betapa belianya mereka.

Banyak sekali kekurangan yang ditemukan, apabila kita melihat kehidupan masyarakat kokap pada umumnya dan siswa-siswi SMP 1 Kokap khususnya. Saat pagi menjelang, mereka berjalan menuju ke sekolah sejauh 2 sampai 6 kilometer. Tidak ada angkutan umum yang melewati rute mereka, karena memang tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan roda 4.  Sehingga tidak sedikit dari mereka yang terlambat datang ke sekolah.

“Saya berangkat dari rumah sekitar jam 5 kurang…”, demikian ucap salah satu siswa.

Dengan kondisi jalan yang naik turun, mereka berjalan kaki beriringan. Sampai sekolah, wajah mereka sudah kelihatan letih, karena mungkin perut mereka masih kosong.  Karenanya, hanya sedikit materi pelajaran yang bisa mereka serap. Seringkali Bapak/Ibu pengajar mengeluhkan kondisi yang ada. Banyak yang mengatakan, “bagaimana mungkin mereka bisa belajar, jika kondisinya saja seperti itu.”

Namun yang patut dibanggakan, meskipun dengan kondisi yang bisa dikatakan banyak sekali kekurangannya, mereka tetap bisa meraih prestasi. Baik itu di tingkat kabupaten, maupun di tingkat Propinsi. Di banyak bidang mereka mampu bersaing dengan siswa-siswi yang berada di kota. Lomba MTQ, Sepak Bola, Karate, Pleton Inti (Tonti) dan masih banyak lagi kejuaraan yang mereka peroleh. Bahkan dalam lomba Pleton Inti, Siswa-siswi SMP 1 Kokap bisa menempatkan diri sebagai Juara Umum tingkat Propinsi.

Jayalah SMP 1 Kokap … Jangan ragu untuk bersaing … Meskipun tempat kita di gunung, pastikanlah prestasi kita menggunung …

39 Tanggapan

  1. Ne1ko… GO…GO…GO…

  2. kngen dengan smp cocap….
    salam kenal..bt adek2 mdah2han tambah berprestasi?

  3. wAcHH jd TrhaRu niCh ma kdaan NiYY… PaK LO BoleH Qta DaRi Forum PKBI/ YoutH forum kP, wil kOkap Mw mgnadakan Pnyuluhan Keshatan reproduksi gmana??

  4. wAcHH jd TrhaRu niCh ma kdaan NiYY… PaK LO BoleH Qta DaRi Forum PKBI/ YoutH forum kP, wil kOkap Mw mgadakan Pnyuluhan Keshatan reproduksi gmana??

  5. wow. smp kokap ada blognya..
    ada usul ni,,gmana kalo blognya ini menampilkan link untuk alumnus juga…
    SMP NEIKO
    JAYA TERUS……

  6. never give up !!!!
    buat semua adek2 ku yang sekolah di smpn 1 kokap…

  7. jadi inget masa lalu,,

  8. Assalamualaikum Wr Wb

    Selamat ya atas munculnya Blog SMP Neiko ini
    Semoga terus maju pantang mundur.

    Wassalamualaikum Wr Wb

  9. Assalamualaikum.Salam hormat dan sugeng énjing kagem bpk/ibu guru semua.Sy alumni SMP ne1ko thn ’89,ikut bangga dgn prestasi smp ne1ko.Sy jd trharu ingat waktu nyangkul bikin lahan bt gedung sklh dblkng/dbwh gdng kls 3.Cpk tenan.Trim’s.Wassalam…

  10. Salam jaya tuk smua alumni ne1ko, t’utama tuk para adik” tonti tetap semangat n’ mkn jaya. . !

  11. salam untuk semuanya……….. apakah ada ikatan alumni smp 1 kokap……………maju terus…………… saya alumni tahun 1984 klas A……………adakah teman2 sekelasku yang buka blok ini? TERIMA KASIH UNTUK SEMUA BPK IBU GURU…………….

  12. Selamat atas terbitnya blog SMP 1 Kokap. Semoga selalu dapat memajukan usaha sekolah dalam merealisasikan tujuan pendidikan Indonesia. Demi terciptanya generasi bangsa yang berkualitas. Amin.

  13. tetap semangat wat smp N 1 kokap moga makin jaya n berprestasi………………….

  14. smp kokap emang cocok buat uji nyali

  15. WASPADA ! DENGAN DISAKSIKAN TUHAN ALLAH SWT. SUKIJO GUNUNG PENTUL, KARANGSARI, PENGASIH, TENAGA BENGKEL SEPEDA MOTOR UTARA MASJID AGUNG WATES ADALAH PENADAH DAN PEMAKAI BARANG-BARANG CURIAN, KERUGIAN PARA KORBAN MENCAPAI 75 JUTA RUPIAH LEBIH. PENGIRIM BERITA PAIJO

  16. alumnus 1989…… kelas III A……….ayo yang alumnus smpn 1 kokap….. khususnya kelas III A wali kelas Pak Suko Mulyono dahulu….. apakah masih pada ingat….. tapi jangan meniru orang yang sombong dan dah lupakan teman satu kelas…….

    • alumnus 89 apakah satu kelas sm sutarimah ampuni? aku satu kelas. aku dl anak yg paling bandel di kelas

  17. bwt smp neiko cmoga + maju……………

  18. hi…semnya pye kbre?????smga seht2 smwa (amienn)
    buat adek2 ku tonti neiko jangn pantang mnyerah perthankan juara tonti neiko.semanagt truss neiko go go go.salam wt pmbna tonti,ka2 pelath tonti.n alumni neiko.
    BY:jenita atune anute.

  19. kangen semua di neiko
    semoga neiko tmbh jaya..
    jangan pantang mnyerah meraih gelar prestasi
    karena ku yakin neiko prestasinya smpai luar negeri

  20. wajah semua guruku th 82-85 msh trgambar jls diingatanku, kesan ttg smp kokap terpatri dl 10 jariku,satu2, jg smua pristiwa. ketika bu rati menangis krna aku sisiran llu lari ke kantor, dijewer bu sarmi, dimarah bu sri, pak sur gara2ngangkat tlp,wah… g muat klo dtls semua.terus majulah almamaterku.

  21. assalamu’alaikumww. adik2ku/anak2ku. aku asli dr dusun crangah, hargotirto,batas purworejo, tp slalu rengking 1. bkan hendak sombong krn yg brhak sambong hnya Allah SWT. jg bukan krn hebat, tp aku dl sangat tekun bljar, krna menyadri jd org miskin, adik2 ada 5, jg krna dpt motivasi dr guru2 sd ku. alhamdulillah walau dg sgt susah payah bs selesai kuliah dg ikatan dinas. krnnya bs jd PNS walau brasal dr klrga krg mampu. bkan aku nyuruh kalian br-susah2, tp dlm hdp ini tdk bleh brhenti ikhtiar. selamat brjuang. wassalamu’alaikumww.

  22. siip tetap semangat ya…..sebagai alumnus saya tetap bangga kok walau dari pucuk gunung …………

  23. sumijan.alumni 89 kelas A.apa kabar teman2

  24. Salam hormat kagem bapak wagiyo,ibu rati,ibu Tarni,ibu Rudatin dll.yg sampai saat ini masih bertugas di SMPN 1 KOKAP

  25. HAI semua aLmni 89 ,slm sukses sllu !!!!spsial buat NE1KO aku bangga prnh duduk dibangkumu,wlu tidak ada dariku buat km

  26. buat admin SMP Ne1ko,…mohon penjelasannya,katanya mo diadakan ultah SMP tgl 1 april besuk,…ada undangan khusus buat para alumni apa nggak?,..matur nuwun,…by prihadi.s angkatan 80_83

  27. jadi inget guru bhs inggris pak sadiyo SA DIY O,…. ming aku dw kata beliau tak tekuk tekuk tak blegi gunung kowe,…….huahahahahaha,….jika masih sugeng,..mudah2an panjang umur,…sehat selalu,…..
    I MISS U,….

  28. Mana alumni 93….

Tinggalkan komentar